Pengaruh manajemen pemasaran bisnis "Butik Kusuma Permata"

Pengaruh manajemen pemasaran "Butik Kusuma Permata"

Authors

  • Ayu Kurniastuti Universitas Duta Bangsa Surakarta

Abstract

Munculnya berbagai macam butik yang menjual beberapa produk fashion yang sama namun dengan harga yang berbeda, promosi yang baik dan harga yang sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan akan mempengaruhi keputusan pembelian. Fashion menjadi salah satu kebutuhan penting bagi semua kalangan, strategi pemasaran adalah alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan suatu perusahaan untuk menghadapi persaingan bisnis. Trend fashion saat ini sangat menarik untuk diikuti dan dikembangkan sesuai kebutuhan yang ada pada saat ini untuk menarik minat dan daya beli konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh pemilik butik yaitu dengan memanfaatkan sosial media sehingga dapat meningkatkan penjualan serta mempercepat pengenalan usaha ke lingkungan masyarakat. Metode yang digunakan yaitu untuk mendapatkan data primer dengan menggunakan observasi dan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan harga dan promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian pada Butik Kusuma Permata.

 

Kata Kunci: Strategi pemasaran, produk, trend fashion

References

Hanifah, U. and Gunaningrat, R. (2022) ‘Analysis of Leverage on Firm Value That Is Moderated By Carbon Emission Disclosure’, Proceeding of International Conference on Science, Health, And Technology, (17), pp. 338–343. doi: 10.47701/icohetech.v3i1.2193.

Purnomo, S., Nurmalitasari, N. and Nurchim, N. (2024) ‘Digital Transformation of Smart Village: A Systematic Literature Review’, Procedia Computer Science, 239(2), pp. 1336–1343. doi: 10.1016/j.procs.2024.06.304.

Okfitasari, A., Nur Rohmah, S. and Novianingsih, R. (2022) ‘Information Technology and Remote Audit During Covid 19 Pandemic’, Proceeding of International Conference on Science, Health, And Technology, pp. 136–144. doi: 10.47701/icohetech.v3i1.2213.

Wahyuningsih, T. and Okfitasari, A. (2022) ‘The Conceptual Model Of Crisis Management In Facing The Covid-19 Pandemic For Tourism Destinations’, International Journal of Economics and Business Research, 6(3).

Meikhati, E. and Wahyuningsih, R. (2022) ‘Fixed Asset Management?: The Impact on Fixed Assets Internal Control in Institutions of Higher Education (Case Study?: Universitas Duta Bangsa Surakarta)’, in 3rd International Conference of Health, Science and Technology (ICOHETECH), pp. 193–200.

Hanifah, U., Suminah, S. and Permatasari, P. (2023) ‘Pemanfaatan Grup Whatsapp Oleh Petani Hidroponik Soloraya (Kohisora) Sebagai Media Informasi Pertanian’, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 19(3), pp. 231–244. doi: 10.20956/jsep.v19i3.28234.

Nurmalitasari, N., Purnomo, S. and Darodjat, T. A. (2024) ‘An Analysis Of Potential Factors Influencing The Sustainability In Global Economic Sectors’, Asia Pacific Journal of Business Economics and Technology, 04(05), pp. 74–87.

Suhatmi, E. C. and Ambarsari, D. (2023) ‘Pengaruh Coorporate Governance, Leverage, Ukuran Perusahaan, Dan Roa Terhadap Tax Avoidance’, Jurnal Akuntansi dan Pajak, 23(2), pp. 1–9. Available at: http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jap.

Hanifah, U., Okfitasari, A. and Suyatno, A. (2024) ‘Peningkatan Pendapatan UMKM Kain Etnik Melalui Video Konten’, in Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dengan Tema ‘Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan untuk Lingkungan Berkelanjutan’ - Diseminasi Pengabdian, pp. 1–23.

Meikhati, E. et al. (2023) ‘Pelatihan dan Pendampingan Profesionalitas Pengelolaan Keuangan pada UMKM Lintang Kejora Gift di Surakarta’, Jurnal Budimas, 5(1), pp. 1–8.

Okfitasari, A. and Santoso, T. D. (2022) ‘Pelatihan Pengisian Spt Tahunan Dan Meningkatkan Kompetensi Perpajakan Dengan Uu Harmonisasi Peraturan Perpajakan Bagi Guru Smk (Pkm Pada Smk Negeri 1 Karanganyar)’, Budimas?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), pp. 32–38. doi: 10.29040/budimas.v4i1.4236.

Purnomo, S. and Purwandari, S. (2024) ‘Analysis of dominant factors in enhancing muslim tourist satisfaction at halal tourism destinations’, Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 5(2), pp. 393–406.

Purnomo, S., Purwandari, S. and Sentosa, I. (2022) ‘Sustainability MSMEs Performance and Income Distribution: Role of Intellectual Capital and Strategic Orientations’, Journal of Distribution Science, 20(4), pp. 85–94. doi: 10.15722/jds.20.04.202204.85.

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Kurniastuti, A. (2024). Pengaruh manajemen pemasaran bisnis "Butik Kusuma Permata": Pengaruh manajemen pemasaran "Butik Kusuma Permata". Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 4(1). Retrieved from https://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/3617