ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GLOBAL WARMING DI SMP NEGERI 4 NGUTER

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ajeng Putri Sulistyawati
Robertus Pria Tri Cahya
Eko Purwanto

Abstract

SMP Negeri 4 Nguter Merupakan salah satu lembaga pendidikan di Kabupaten Sukoharjo yang senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pendidikan agar dapat menciptakan siswa yang berprestasi. Pendidikan di SMP Negeri 4 Nguter berperan dalam pengembangan kepribadian siswa secara utuh, dan tugas pokoknya adalah membantu siswa untuk memperoleh berbagai ilmu pengetahuan sebagai persiapan menempuh pendidikan selanjutnya. SMP Negeri 4 Nguter mengajarkan berbagai macam topik salah satunya adalah pemanasan global yang sering disebut dengan Global Warming. Global Warming adalah peningkatan bertahap suhu rata – rata atmosfer bumi dan lautan. Pembelajaran tentang Global Warming sebaiknya dilakukan sejak usia dini hingga remaja, karena perkembangan pola pikir anak berkembang sangat pesat sehingga mempengaruhi tumbuh kembangnya.


Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari enam tahap yaitu konsep, desain atau perancangan, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian dan pendistribusian. Adobe Animate 2019 sebagai software yang digunakan untuk pembuatan media pembelajaran dan Coreldraw 2020 digunakan untuk desain gambar, hasil dari penelitian ini adalah Animasi Sebagai Media Pembelajaran Global Warming.


Hasil survei berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa 72% sangat setuju, 26% setuju, 2% cukup, 0% tidak setuju, dan 0% sangat tidak setuju. Berdasarkan hasil survei tersebut dapat disimpulkan bahwa animasi sebagai media pembelajaran sepenuhnya menunjukkan fungsinya dan dapat dikatakan cocok sebagai media pendukung pembelajaran bagi generasi muda.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sulistyawati, A. P., Pria Tri Cahya, R. ., & Purwanto, E. (2024). ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GLOBAL WARMING DI SMP NEGERI 4 NGUTER. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 4(1). Retrieved from https://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/3499