Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Berupa Prototype Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Mobile

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rendi Buana
Syaharudin Ikhsan Majid
Theodorus Asa Wahyu Purnama

Abstract

Pancasila, sebagai landasan ideologis Indonesia, menjadi kunci dalam implementasi layanan pengaduan masyarakat yang efektif. Layanan ini bertujuan untuk memudahkan komunikasi antara masyarakat dan pihak berwenang dalam melaporkan masalah, memberikan pendapat, atau mengajukan keluhan. Namun, kesulitan akses masyarakat dalam menyampaikan keluhan kepada pemerintah menjadi salah satu kendala utama yang mengakibatkan minimnya komunikasi yang efektif. Hal ini berdampak pada ketidaktersampaian informasi penting kepada pemerintah pusat mengenai masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototipe layanan pengaduan masyarakat berbasis mobile dengan menggunakan metode Waterfall. Metode ini melibatkan tahapan spesifikasi kebutuhan, perencanaan, pemodelan, konstruksi, dan penyerahan sistem. Dari hasil penelitian ini, penerapan prototipe layanan pengaduan masyarakat berbasis mobile terlaksana dengan sangat baik, dan menggambarkan efektivitasnya dalam memudahkan komunikasi antara masyarakat dan pihak berwenang. Diharapkan bahwa melalui sistem ini, implementasi nilai-nilai pancasila dapat menumbuhkuatkan partisipasi aktif masyarakat, serta memberikan solusi yang adil dan transparan dalam menangani berbagai permasalahan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Buana, R., Majid, S. I., & Wahyu Purnama, T. A. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Berupa Prototype Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Mobile. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 4(1). Retrieved from https://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/3460