Pengaruh Harga, Citra Merek, dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Gula Pasir Gulaku (Survey Pada Konsumen DM Swalayan Yogyakarta)
DOI:
https://doi.org/10.47701/bismak.v1i2.1203Keywords:
Gula, Harga, Citra Merek, Kualitas Produk, Loyalitas PelangganAbstract
—Salah satu bahan pokok konsumsi masyarakat adalah Gula. Gula digunakan sebagai sumber kalori dan
berfungsi sebagai pemanis. Sampai saat ini gula belum tergantikan sebagai pemanis utama. Tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui pengaruh harga, citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan gula pasir
“Gulaku”. Penelitian ini dilakukan dengan 40 responden dan dengan metode accidental sampling. Kuesioner
digunakan sebagai alat utama pengumpul data dan menggunakan wawancara dalam mencari data. Penelitian ini
menggunakan responden pelanggan tetap DM Swalayan yang membeli produk gula “Gulaku”. Metode analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa harga dan
citra merek berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan sedangkan kualitas produk tidak berpengaruh terhadap
loyalitas pelanggan.