ANALISA KUALITATIF PERBANDINGAN DIRECT SELLING DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK
DOI:
https://doi.org/10.47701/bismak.v4i2.3142Keywords:
Direct Selling, digital marketing, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini membahas mengenai analisis kualitatif perbandingan Direct Selling dan Digital Marketing terhadap keputusan pembelian produk dengan studi kasus kosmetik yang dilakukan di Toko ABC Kosmetik Solo, dengan tujuan untuk menganalisa secara kualitatif apakah Direct Selling dan Digital Marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik di Toko ABC Kosmetik Solo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian dengan pengamatan langsung yang bersifat interaktif dan memaparkannya sesuai data - data yang didapat. Subyek penelitian yaitu konsumen yang menjadi sumber informasi yang dibutuhkan peneliti yaitu orang yang berbelanja di Toko ABC Kosmetik Solo. Dengan jumlah responden 6 orang sebagai informan, pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kualitatif perbandingan mengenai Direct Selling dan Digital Marketing terhadap keputusan pembelian di Toko ABC Kosmetik Solo dapat disimpulkan bahwa 4 dari 6 orang informan memilih melakukan pembelian secara Direct Selling berbanding dengan hanya 2 dari 6 orang informan yang memilih melakukan pembelian secara Digital Marketing.
Kata Kunci : Direct Selling, Digital Marketing, Keputusan Pembelian
References
Arianty, N. (2016). Pengaruh Promosi dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Kumpulan Jurnal Dosen UMSU, 4(2), 76-87.
Creswell, John W. (2007) Qualitative Inquiry & Research Design Choosing Among Five Apporoaches. California: Sage Publication Inc.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76.
Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung : Alfabeta,cv.
Ni Putu Mira Dwi Astuti, I Komang Mahayana Putra, Kasiani, Cokro Gede Putra Yudistira dan I Made Widiantara. 2020.Implikasi penerapan Custumer Relatinship Marketing dan Digital Marketing Terhadap Kepusan Konsumen Pada PT. Garuda Angkasa JoumpaDenpasar. Jurnal Umnas Mataram, No. 1, Vol. 14, 506-514.
Roen, Ferry. 2012. “Teori dan Perilaku Organisasi Bisnis Penjualan Langsung (Direct Selling)”. Tersedia pada http://perilakuorganisasi.com/bisnis -penjualan-langsung-directselling.html (diakses tanggal 21 Mei 2017).
Simamorang, Bilson. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Edisi 4. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sinambov, S., & Trang, I. (2015). Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Komputer Game Zone Mega Mall Manado, Jurnal EMBA, pp. 300-311.
Hanifah, U. and Gunaningrat, R. (2022) ‘Analysis of Leverage on Firm Value That Is Moderated By Carbon Emission Disclosure’, Proceeding of International Conference on Science, Health, And Technology, (17), pp. 338–343. doi: 10.47701/icohetech.v3i1.2193.
Purnomo, S., Nurmalitasari, N. and Nurchim, N. (2024) ‘Digital Transformation of Smart Village: A Systematic Literature Review’, Procedia Computer Science, 239(2), pp. 1336–1343. doi: 10.1016/j.procs.2024.06.304.
Okfitasari, A., Nur Rohmah, S. and Novianingsih, R. (2022) ‘Information Technology and Remote Audit During Covid 19 Pandemic’, Proceeding of International Conference on Science, Health, And Technology, pp. 136–144. doi: 10.47701/icohetech.v3i1.2213.
Wahyuningsih, T. and Okfitasari, A. (2022) ‘The Conceptual Model Of Crisis Management In Facing The Covid-19 Pandemic For Tourism Destinations’, International Journal of Economics and Business Research, 6(3).
Meikhati, E. and Wahyuningsih, R. (2022) ‘Fixed Asset Management?: The Impact on Fixed Assets Internal Control in Institutions of Higher Education (Case Study?: Universitas Duta Bangsa Surakarta)’, in 3rd International Conference of Health, Science and Technology (ICOHETECH), pp. 193–200.
Hanifah, U., Suminah, S. and Permatasari, P. (2023) ‘Pemanfaatan Grup Whatsapp Oleh Petani Hidroponik Soloraya (Kohisora) Sebagai Media Informasi Pertanian’, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 19(3), pp. 231–244. doi: 10.20956/jsep.v19i3.28234.
Nurmalitasari, N., Purnomo, S. and Darodjat, T. A. (2024) ‘An Analysis Of Potential Factors Influencing The Sustainability In Global Economic Sectors’, Asia Pacific Journal of Business Economics and Technology, 04(05), pp. 74–87.
Suhatmi, E. C. and Ambarsari, D. (2023) ‘Pengaruh Coorporate Governance, Leverage, Ukuran Perusahaan, Dan Roa Terhadap Tax Avoidance’, Jurnal Akuntansi dan Pajak, 23(2), pp. 1–9. Available at: http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jap.
Hanifah, U., Okfitasari, A. and Suyatno, A. (2024) ‘Peningkatan Pendapatan UMKM Kain Etnik Melalui Video Konten’, in Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dengan Tema ‘Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan untuk Lingkungan Berkelanjutan’ - Diseminasi Pengabdian, pp. 1–23.
Meikhati, E. et al. (2023) ‘Pelatihan dan Pendampingan Profesionalitas Pengelolaan Keuangan pada UMKM Lintang Kejora Gift di Surakarta’, Jurnal Budimas, 5(1), pp. 1–8.
Okfitasari, A. and Santoso, T. D. (2022) ‘Pelatihan Pengisian Spt Tahunan Dan Meningkatkan Kompetensi Perpajakan Dengan Uu Harmonisasi Peraturan Perpajakan Bagi Guru Smk (Pkm Pada Smk Negeri 1 Karanganyar)’, Budimas?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), pp. 32–38. doi: 10.29040/budimas.v4i1.4236.
Purnomo, S. and Purwandari, S. (2024) ‘Analysis of dominant factors in enhancing muslim tourist satisfaction at halal tourism destinations’, Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 5(2), pp. 393–406.
Purnomo, S., Purwandari, S. and Sentosa, I. (2022) ‘Sustainability MSMEs Performance and Income Distribution: Role of Intellectual Capital and Strategic Orientations’, Journal of Distribution Science, 20(4), pp. 85–94. doi: 10.15722/jds.20.04.202204.85.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aisya Shabilla Hermawati, Indra Hastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.