Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee Di Kota Surakarta

Authors

  • Hesti Agusti Anita Sari Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/bismak.v3i2.2934

Keywords:

kualitas produk, harga, promosi, kemudahan penggunaan, keputusan pembelian

Abstract

Marketplace dirancang untuk menciptakan efektivitas dan efisien dengan meminimalkan proses bisnis yang kompleks. Salah satu situs marketplace yang saat ini sedang menghidupkan kembali perkembangan e-commerce di Indonesia adalah Shopee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian Marketplace Shopee di Kota Surakarta. Sampel sebanyak 100 responden diperoleh untuk penelitian ini, yang didapatkan melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif kuantitatif dengan bantuan SPSS 25. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji regresi berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji f (simultan). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial terdapat pengaruh signifikan kualitas produk, harga, promosi dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian. Kemudian hasil penelitian menyimpulkan secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kualitas produk, harga, promosi dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian. Hasil perhitungan koefisien determasi (Adjusted R2) diperoleh sebesar 0,584 hasil ini memiliki arti bahwa 58,4% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk, harga, promosi dan kemudahan penggunaan sedangkan sisanya sebesar 41,6% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

References

Akbar, M.d. 2020. E-Commerce Teori Dalam Bisnis Digital. Medan: Yayasan kita menulis.

Andis, A., Risal, M., & Usman, H. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HANDPHONE SAMSUNG PADA TOKO CENTRO PALOPO. 5(1), 25–31.

Brahim, Eli Nur. Muh. 2021. “Produk Kreatif Dan Kewirausahaan.†In Venan Anantya(ed).Andi.

Davidson, Harlley, and Durotun Nasikah. 2021. 2 Jurnal Ilmu Manajemen Retail (JIMAT) PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN IMPORT DI KOTA METRO. https://doi.org/.

Firmansyah, A. 2020. Pengantar E-Marketing.

Ghozali, and Imam. 2019. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jogiyanto, Hartono M. 2017. “Analisis Dan Desain (Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis).†In Andi.

Purnomo, S., Rahayu, E. S., Riani, A. L., Suminah, S., & Udin.. (2020). Empowerment model for sustainable tourism village in an emerging country. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(2), 261-270.

Utami, I. W., Hastuti, I., Osman, S., & Purnomo, S. (2022). Development of Entrepreneurial Sustainability For Alumni Students. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(2), 1009-1017.

Purnomo, S., & Gunaningrat, R. (2022). Determinants of Student Interest in Choosing a Study Program. International Journal of Social Science, 1(6), 873-878.

Purnomo, S., Purwandari, S., & Sentosa, I. (2022). Sustainability MSMEs Performance and Income Distribution: Role of Intellectual Capital and Strategic Orientations. Journal of Distribution Science, 20(4), 85-94.

Sinulingga. 2021. Perilaku Konsumen.

Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.†In Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Agusti Anita Sari, H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee Di Kota Surakarta. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (BISMAK), 3(2), 75–83. https://doi.org/10.47701/bismak.v3i2.2934