Pengaruh Celebrity Endorser, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Wardah di Sukoharjo

Authors

  • Juli Cantika Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/bismak.v3i2.2932

Keywords:

Celebrity Endorser, Citra Merek, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  celebrity endorser, harga, dan citra merek terhadap  keputusan pembelian produk kecantikan Wardah di Sukoharjo. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplansi (eksplanatory research). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan pengambilan sampel  Teknik purposive sampling. Pengumpulan data  dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner secara online melalui google form. Teknik analisa data dalam penellitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linear bergamda, uji koefisisen determinasi (R2), uji f, dan uji t.       Hasil penelitian menujukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengaruh positf dan tidak ssignifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji f  menunjukkan bahwa celebrity endorser, harga, dan citra merek  berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai r square  sebesar 0,603 yang berarti variabel  celebrity endorser, harga, dan citra merek dapat mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 60,3%, sedangkan sisanya sebesar 39,7% dipengaruhi oleh faktor lain selain ketiga variabel tersebut.

References

Batubara, M., Silalahi, P. R., Sani, S. A., Syaputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Scarlett Whitening: Studi Kasus pada Mahasiswi FEBI UIN Sumatera Utara. Jurnal Ekonomi, Kenangan dan Bisnis Syarih, 1327-1342.

Chalil, R. D. (2020). Brand, Islamic Branding, & Re-Branding (1st ed.). Depok: Rajawali pers.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek. Surabaya: Qiyara Media.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herawati, & Putra, A. S. (2023). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Azarine Cosmetic. Jurnal on Education, 2655-1365.

Herawati, & Putra, A. S. (2023). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Azarine Cosmetics. Journal on Education, 2654-5497.

Ilwan, B. M., MS, M., & Ramelan, M. R. (2022). PENGARUH LABEL HALAL, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN WARDAH DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Indonesia, 2548-1398.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Kencana Prenadamedia Group.

Kurniawati, E. (2022). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN LAZADA.CO.ID DI KOTA SEMARANG). Jurnal Ilmiah BIdang Ilmu Ekonomi, 59-70.

Limakrisna, N., & Purba, T. P. (2017). Manajemen Pemasaran, Teori dan Aplikasi dalam Bisnis di Indonesia. Bogor: Mitra Wacana Media.

Marita, E. (2019). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Rumah Makan BOOM! Burger Medoho Semarang). Skripsi.

Purnomo, S., Rahayu, E. S., Riani, A. L., Suminah, S., & Udin.. (2020). Empowerment model for sustainable tourism village in an emerging country. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(2), 261-270.

Purnomo, S., Purwandari, S., & Sentosa, I. (2022). Sustainability MSMEs Performance and Income Distribution: Role of Intellectual Capital and Strategic Orientations. Journal of Distribution Science, 20(4), 85-94.

Purnomo, S., & Gunaningrat, R. (2022). Determinants of Student Interest in Choosing a Study Program. International Journal of Social Science, 1(6), 873-878.

Utami, I. W., Hastuti, I., Osman, S., & Purnomo, S. (2022). Development of Entrepreneurial Sustainability For Alumni Students. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(2), 1009-1017.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Cantika, J. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Wardah di Sukoharjo. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (BISMAK), 3(2), 56–66. https://doi.org/10.47701/bismak.v3i2.2932