Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kosmetik Maybelline

Authors

  • Aini Intan Orivia Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/bismak.v3i2.2931

Keywords:

produk, harga, distribusi, promosi, bauran pemasaran, keputusan pembelian

Abstract

Pendapatan produk kosmetik di Indonesia diperkirakan akan terus naik setiap tahunnya. Hal ini menjadi peluang menguntungkan untuk para perusahaan kosmetik salah satunya yaitu kosmetik Maybelline New York. Maybelline New York adalah merek kosmetik global nomor satu yang sudah ada sejak tahun 1915 yang menawarkan lebih dari 200 produk dan tersedia di lebih dari 129 negara di seluruh dunia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, harga, distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian berikut yaitu konsumen produk kosmetik Maybelline. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria responden yaitu konsumen yang membeli produk kosmetik Maybelline selama 3 bulan terakhir yang berjumlah 105 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebar secara online atau elektronik dengan media Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil uji F menunjukkan secara simultan atau bersama-sama semua unsur dalam bauran pemasaran memberi pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Serta Uji R2 menunjukkan kemampuan bauran pemasaran untuk menerangkan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian sebesar 0,521 atau 52,1% sedangkan sisanya sebesar 47,9% dapat diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

References

Andrenata,, A., & Qomariah , N. (2022). Pengaruh Marketing Mix 4P Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sangkar Mas Desa Dawuhan Mangli Sukowono Jember. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik.

compas.co.id. (2021). Brand Makeup Drugstore Terkenal: Data Penjualan Maybelline di E-Commerce Tembus Rp 6 Miliar. Diambil kembali dari https://compas.co.id/article/data-penjualan-maybelline/

Firman, A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah.

Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, P. D., & Suryawardana, E. (2021). Analisi Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus pada Pudanis di Kaliwungu). Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Semarang.

Izanah, A., & Widiarto. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi FISIP Universitas Diponegoro). Jurnal Administrasi Bisnis.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

maybelline-me.com. (2020). About Maybelline. Diambil kembali dari https://www.maybelline-me.com/en-gcc/about-maybelline

Prihatiningtyas, G., & Chasanah, U. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumenn di Blanco Coffee Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen.

Purnomo, A. K. (2019). Pengolahan Riset Ekonomi Jadi Mudah Dengan IBM SPSS. Surabaya: CV Jakad Publishing.

Purnomo, S., Rahayu, E. S., Riani, A. L., Suminah, S., & Udin.. (2020). Empowerment model for sustainable tourism village in an emerging country. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(2), 261-270.

Utami, I. W., Hastuti, I., Osman, S., & Purnomo, S. (2022). Development of Entrepreneurial Sustainability For Alumni Students. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(2), 1009-1017.

Purnomo, S., & Gunaningrat, R. (2022). Determinants of Student Interest in Choosing a Study Program. International Journal of Social Science, 1(6), 873-878.

Purnomo, S., Purwandari, S., & Sentosa, I. (2022). Sustainability MSMEs Performance and Income Distribution: Role of Intellectual Capital and Strategic Orientations. Journal of Distribution Science, 20(4), 85-94.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Intan Orivia, A. (2023). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kosmetik Maybelline. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (BISMAK), 3(2), 66–74. https://doi.org/10.47701/bismak.v3i2.2931