Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital Menggunakan E-Commerce dalam Mendukung Penjualan Produk Els Computer

Authors

  • Mohamad Rifai Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Apriadi Apriadi

DOI:

https://doi.org/10.47701/bismak.v3i1.2570

Keywords:

Pemasaran, Digital, E-Commerce

Abstract

Di era digital sekarang ini, pertumbuhan internet semakin meningkat seiring dengan peningkatan teknologi informasi dan komunikasi. Dimanapun dan kapanpun, pengguna dapat terhubung ke jaringan melalui Internet. Penggunaan media sosial terbilang cukup mudah dan dapat dipelajari dengan cepat oleh orang awam sekalipun. Tentunya hal tersebut menjadi peluang positif bagi “vendor†dan “pelanggan†serta semua pihak yang terlibat dalam dunia bisnis. Adanya pemberitaan tentang potensi wisata kawasan Sidowayah dalam media digital dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber utama tumbuhnya kegiatan pariwisata berbasis keindahan alam dan kearifan lokal. Penelitian ini betujuan untuk menganalisis penggunaan media digital sebagai media pemasaran Desa Wisata Sidowayah. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian dan pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan terhadap media komunikasi pemasaran pariwisata Desa Wisata Sidowayah serta studi literatur sebagai pendukung teori. Hasil diperoleh bahwa pemanfaatan media sosial Desa Wisata Sidowayah terbukti dapat menarik banyak minat pengunjung. Penggunaan media sosial sebagai komunikasi pemasaran oleh pengelola Desa Wisata Sidowayah dan juga pengguna umum berjalan dengan efektif dan sangat praktis dalam membangun interaksi positif diantara keduanya. Pengunjung yang merasa puas dapat memberi saran kepada teman, kerabat, saudara sebagai calon pengunjung baru destinasi wisata Desa Sidowayah.

References

Alma, Buchari. (2018) Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Bandung: Alfabeta.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metpde Penelitian Kualitatif. Humanika,21(1), 33-54.

Fitriah Maria. (2018). Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. Yogyakarta: Deepublish.

Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul Ulum : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi,4(1), 41-57.

Purnomo, S., Rahayu, E. S., Riani, A. L., Suminah, S., & Udin.. (2020). Empowerment model for sustainable tourism village in an emerging country. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(2), 261-270.

Utami, I. W., Hastuti, I., Osman, S., & Purnomo, S. (2022). Development of Entrepreneurial Sustainability For Alumni Students. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(2), 1009-1017.

Purnomo, S., & Gunaningrat, R. (2022). Determinants of Student Interest in Choosing a Study Program. International Journal of Social Science, 1(6), 873-878.

Purnomo, S., Purwandari, S., & Sentosa, I. (2022). Sustainability MSMEs Performance and Income Distribution: Role of Intellectual Capital and Strategic Orientations. Journal of Distribution Science, 20(4), 85-94.

Rizeki, D.N. (2022, 27 Januari). Pengertian e-commerce. Diakses pada 25 Desember 2022, dari https://majoo.id/solusi/detail/ecommerce-adalah.

Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajem,2(1), 71-75.

Susilo, M., Kurniati, R. & Kasmawati. (2018). Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. InfoTekJar,2(2), 98-101

Sumarto, L.M., Junipriansa, D., & Mustikasari, A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Daya Tarik Iklan Melalui Media Sosial Instgram Bimbingan Belajar Ganesha Operation. Jurnal Manajemen Pemasaran,6(2), 823.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Rifai, M., & Apriadi, A. (2023). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital Menggunakan E-Commerce dalam Mendukung Penjualan Produk Els Computer. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (BISMAK), 3(1), 46–55. https://doi.org/10.47701/bismak.v3i1.2570