Pengaruh Chanyeol EXO Sebagai Brand Ambassador Dan Perilaku Konsumtif Fans EXO Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nacific
DOI:
https://doi.org/10.47701/bismak.v3i1.2569Keywords:
Brand Ambassador, Keputusan Pembelian, Perilaku KonsumtifAbstract
Brand Ambassador dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan brand image suatu produk. Dalam penelitian ini peneliti akan membahas mengenai pengaruh Chanyeol EXO sebagai brand ambassador dan perilaku konsumtif EXO-L terhadap keputusan pembelian produk Nacific. Variabel independen dalam penelitian ini adalah brand ambassador dan perilaku konsumtif EXO-L sedangkan untuk variabel dependennya adalah keputusan pembelian Nacific. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 100 responden yang di peroleh menggunakan sampel random sampling dari populasi seluruh EXO-L Indonesia. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan kuisioner dengan teknik pembobotan likert. Penelitian ini menggunakan apikasi Statistical Package Sosial Sciense (SPSS) versi 25 dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Chanyeol EXO sebagai brand ambassador, perilaku konsumtif dan fanatisme fans EXO memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Nacific.
References
Adriana Justica, M. T. L., (2021). Pengaruh Brand Ambassador NCT 127 Terhadap Brand Image Produk Nu Green Tea. eProceedings of Management, Volume 8, No. 3.
Annisa Agustiani Putri, M. R. K. A., (2022). Pengaruh Brand Ambassador Chanyeol EXO Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nacific Pada Komunitas EXO-L Purwakarta. International Conference on Islamic Studies (ICoIS) , Volume 3 No.1.
Dyah Ayu Sekar Dinny, S. P., (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Perilaku Konsumtif Fans NCT Dream terhadap keputusan Pembelian Mie Lemonilo. Jurnal Manajemen dan Sains, Volume 7 (2), pp. 762-766 .
Fathul Qorib, A. M. B., (2019). Pengaruh Iklan "Shopee Blackpink Sebagai Brand Ambassador" Terhadap Minat Belanja Online Mahasiswa. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), Volume 8 (4), pp. 288-296.
Purnomo, S., Rahayu, E. S., Riani, A. L., Suminah, S., & Udin.. (2020). Empowerment model for sustainable tourism village in an emerging country. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(2), 261-270.
Utami, I. W., Hastuti, I., Osman, S., & Purnomo, S. (2022). Development of Entrepreneurial Sustainability For Alumni Students. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(2), 1009-1017.
Purnomo, S., & Gunaningrat, R. (2022). Determinants of Student Interest in Choosing a Study Program. International Journal of Social Science, 1(6), 873-878.
Purnomo, S., Purwandari, S., & Sentosa, I. (2022). Sustainability MSMEs Performance and Income Distribution: Role of Intellectual Capital and Strategic Orientations. Journal of Distribution Science, 20(4), 85-94.
Retnoningrum, (2020). Peran Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening Dalam Pengaruh Iklan dan Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Komestik Make Over (Studi Kasus Pada Make Up Artis di Solo). Surakarta Management Journal, Volume 2 No.
Rozalia, H. R. R. H., (2020). Ketertarikan Konsumen Pada Brand Ambassador Dan Citra Merek Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Distribusi , Volume 8 No. 2, pp. 149-162.
Shela Nalita, U. S. D. A. P. S., (2022). Membentuk Loyalitas Pelanggan Dengan Penggunaan Artis Korea Sebagai Brand Ambassador E-Commerce di Indonesia. Jurnal Bisnis. Manajemen, dan Keuangan , Volume 3 (1), pp. 171-185.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rahayu Pancaningsih, Sarah Fadila, Shalli Habiibika Baaq, Saryadi Saryadi, Agus Suyatno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.