Penggunaan Media Digital Dalam Komunikasi Pemasaran Pariwisata Desa Wisata Sidowayah
DOI:
https://doi.org/10.47701/bismak.v3i1.2568Keywords:
Media Digital, Komunikasi Pemasaran, Desa WisataAbstract
Di era digital sekarang ini, pertumbuhan internet semakin meningkat seiring dengan peningkatan teknologi informasi dan komunikasi. Dimanapun dan kapanpun, pengguna dapat terhubung ke jaringan melalui Internet. Penggunaan media sosial terbilang cukup mudah dan dapat dipelajari dengan cepat oleh orang awam sekalipun. Tentunya hal tersebut menjadi peluang positif bagi “vendor” dan “pelanggan” serta semua pihak yang terlibat dalam dunia bisnis. Adanya pemberitaan tentang potensi wisata kawasan Sidowayah dalam media digital dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber utama tumbuhnya kegiatan pariwisata berbasis keindahan alam dan kearifan lokal. Penelitian ini betujuan untuk menganalisis penggunaan media digital sebagai media pemasaran Desa Wisata Sidowayah. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian dan pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan terhadap media komunikasi pemasaran pariwisata Desa Wisata Sidowayah serta studi literatur sebagai pendukung teori. Hasil diperoleh bahwa pemanfaatan media sosial Desa Wisata Sidowayah terbukti dapat menarik banyak minat pengunjung. Penggunaan media sosial sebagai komunikasi pemasaran oleh pengelola Desa Wisata Sidowayah dan juga pengguna umum berjalan dengan efektif dan sangat praktis dalam membangun interaksi positif diantara keduanya. Pengunjung yang merasa puas dapat memberi saran kepada teman, kerabat, saudara sebagai calon pengunjung baru destinasi wisata Desa Sidowayah.
References
Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Allwar, Amin, T.M., Laksono, S. (2018). Pengembangan Bumdes Sidowayah Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, Volume. 03, Issue. 01, Januari 2018
Benjamin, P., Maryan, E., Octavianti, M. 2021. Penggunaan Media Digital Dalam Komunikasi Pemasaran Desa Wisata Ciburial, Samarang, Garut. Communication, Vol. 12 No.2 Oktober 2021. 107-121
Dalle, J., Akrim, A., Baharuddin. 2020. Pengantar Teknologi Informasi. Depok: PT RAJAGRAFINDOPERSADA.
Hardilawati, W., Laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Hartini, S., Putro, F.H.A., Setiawan, P. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Modern. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 01, No. 01, Januari 2020
Kizranova, A. Lăzăroiu, G., Gajanova, L., Kliestikova, J., Nadanyiova, M., & Moravcikova, D. (2019). The Effectiveness of Marketing Communication and Importance of Its Evaluation in an Online Environment. Sustainability, 11(24), 7016. https://doi.org/10.3390/su11247016
Purnomo, S., Rahayu, E. S., Riani, A. L., Suminah, S., & Udin.. (2020). Empowerment model for sustainable tourism village in an emerging country. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(2), 261-270.
Utami, I. W., Hastuti, I., Osman, S., & Purnomo, S. (2022). Development of Entrepreneurial Sustainability For Alumni Students. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(2), 1009-1017.
Purnomo, S., & Gunaningrat, R. (2022). Determinants of Student Interest in Choosing a Study Program. International Journal of Social Science, 1(6), 873-878.
Purnomo, S., Purwandari, S., & Sentosa, I. (2022). Sustainability MSMEs Performance and Income Distribution: Role of Intellectual Capital and Strategic Orientations. Journal of Distribution Science, 20(4), 85-94.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 margaretha evi yuliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.