Inovasi Desain Kemasan Teh Kemuning Untuk Meningkatkan Daya Tarik dan Nilai Jual Produk

Authors

  • Brillian Nur Diansari Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Jasur Ekhsonov Islom Karimov Nomidagi Toshkent Davlat Texnika Universiteti
  • Fadlan Syariel Ali Faculty of Science and Technology, Universitas Duta Bangsa Surakarta, Indonesia
  • Fahar Fauzan Faculty of Science and Technology, Universitas Duta Bangsa Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47701/abdimas.v3i2.3860

Keywords:

Design, SMEs, Tea, Packaging

Abstract

International Community Service ini dilaksanakan secara tatap muka hingga monitoring dan evaluasi pada mitra. Mitra pengabdian masyarakat ini yaitu UKM Teh Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah kurang menariknya kemasan produk Teh Kemuning selama ini. Adapun implementasi dilakukan dengan metode sosialisasi, berbagi informasi, dan diskusi yang diberikan kepada mitra. Tujuan International Community Service ini untuk memberikan sosialisasi pada UKM terkait desain kemasan yang menarik untuk produk Teh Kemuning. Hasil International Community Service ini menunjukkan bahwa 95% peserta memahami pentingnya dilakukan inovasi kemasan produk Teh Kemuning dan diharapkan dapat menambah khasanah bagi institusi pendidikan. Kemasan produk yang menarik akan meningkatkan daya tarik dan nilai jual dari produk yang dihasilkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Ghozali, F., & Diansari, B. N. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Dukuh Klarisan Melalui Pelatihan Studi Kelayakan Usaha Ditinjau dari Aspek Legal dan Lingkungan. Media Abdimas, 1(3), 53–57. https://doi.org/10.37817/mediaabdimas.v1i3.2561

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223

Brillian Nur, D., & `, S. (2023). Pengaruh Marketing Mix (7P) Terhadap Keputusan Minat beli Konsumen (Studi Kasus Yoi Katsu). Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 3(1), 629–636. Retrieved from https://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/2718

Dwi Septian, Y. A., & Yuliawati. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TEH DI PT. PERKEBUNAN TAMBI WONOSOBO DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS. JURNAL AGRIBISAINS, 9(1), 68–76. https://doi.org/10.30997/jagi.v9i1.6935

Elwin, F. P. N. (2023). Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educare : Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 22–29. https://doi.org/10.56393/educare.v3i1.1100

Herman et al. (2021). Strengthening Character Education Through School Culture at SMK Swasta Teladan Tanah Jawa. ABDI DOSEN: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, Vol. 5, No. 2, PP. 178-186, DOI: https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i2.868

Irawan, D., Apriliyanto, E., & Mardiati, D. (2023). PREDIKSI PENGIRIMAN TEH KEMUNING DI NGARGOYOSO MENGGUNAKAN ALGORITMA MONTE CARLO (STUDI KASUS PT. RUMPUN SARI KEMUNING). JUTI-UNISI (Jurnal Teknik Industri UNISI), 7(1), 2614–1299.

Latifah, A. (2020). Kajian Visual Kemasan Teh Tubruk Lokal. Ars: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 23(2), 62–83. https://doi.org/10.24821/ars.v23i2.3704

Putri Imalya Azzahra Maskhulin, Wahyu Puspitasari Setyawan, Sonja Andarini, & Indah Respati Kusumasari. (2024). MEMAHAMI DAN MENGELOLA RISIKO BISNIS DALAM PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS . Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 194–203. Retrieved from http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca/article/view/1011

Suharti, B., Maryanah, T., Prasetyo, P. A., & Ulhaq, A. W. (2024). Socialization of Eco Enzyme Utilization for Environmental Health in Gapoktan Seputih Raman, Lampung. Welfare Jurnal Pengabdian MAsyarakat, 2(2), 245–251.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Diansari, B. N., Ekhsonov, J., Syariel Ali, F., & Fauzan, F. (2024). Inovasi Desain Kemasan Teh Kemuning Untuk Meningkatkan Daya Tarik dan Nilai Jual Produk. Duta Abdimas, 3(2), 57–63. https://doi.org/10.47701/abdimas.v3i2.3860