Perbaikan Kualitas Foto Produk pada Asosiasi UMKM Lentera sebagai Persiapan Memasuki Pasar Digital
DOI:
https://doi.org/10.47701/abdimas.v3i2.3826Keywords:
foto produk, pemasaran digital, fotografi, kontenAbstract
Foto produk adalah aspek penting dalam menunjang promosi dan pemasaran. Bagi UMKM Lentera, perluasan pasar dan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan omzet adalah tujuan utama. Sebelum memasuki pasar digital, permasalahan utama yang dihadapi adalah kualitas konten foto produk yang kurang menarik. Untuk mengatasi hal ini, diusulkan kegiatan seminar, pelatihan, dan pendampingan tentang foto produk menggunakan perangkat handphone. Melalui kegiatan ini, anggota UMKM Lentera belajar teknik dasar fotografi, seperti komposisi, pencahayaan, dan penggunaan fitur kamera handphone. Mereka juga mendapatkan pengetahuan tentang pengeditan foto menggunakan aplikasi yang mudah digunakan. Instruktur memberikan tips praktis, seperti pentingnya latar belakang bersih dan aksesoris sederhana untuk mempercantik produk. Hasilnya, anggota UMKM Lentera memahami pentingnya teknik fotografi yang tepat, menghasilkan foto produk yang lebih baik, dan siap bersaing di pasar digital. Dengan pelatihan ini, diharapkan mereka dapat meningkatkan penjualan melalui pemasaran digital yang efektif.
Downloads
References
Eva Desembrianita, Sunarni, Fauziah Nur Hutauruk, Fajriani Azis, & Yusuf Iskandar. (2023). Dampak Implementasi Teknologi Informasi terhadap Efisiensi Biaya Pemasaran pada UMKM di Jawa Barat: Perspektif Akuntansi Manajemen. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 58–67. https://doi.org/10.52005/aktiva.v5i2.185
Fachrina, R., & M.Nawawi, Z. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing (Shopee) Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Di Marelan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 2(2), 247–254. https://doi.org/10.36908/jimpa.v2i2.75
Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. Inovasi Pratam Internasional.
Juhria, A., Meinitasari, N., Fauzi, F. I., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh e-service quality terhadap kepuasan pelanggan di aplikasi e-commerce shopee. Jurnal Manajemen, 13(1), 55–62.
Naurah, N. (2024, February 3). Shopee, Platform Pilihan UMKM untuk Jualan Online. Goodstats.Id.
Nuraeni, Y. (2018). Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Agroindustri Melalui Program Desa Migran Produktif (Desmigratif) Dalam Rangka Perluasan Kesempatan Kerja. Jurnal Akuntansi Manajerial (Managerial Accounting Journal), 3(1), 42–53. https://doi.org/10.52447/jam.v3i1.1220
Olimsar, F., & Tialonawarmi, F. (2023). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Kembali Di Aplikasi Shopee Serta Dampaknya Pada Keunggulan Bersaing. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 6(2), 2446–2456. https://doi.org/10.31539/costing.v6i2.5729
Opan Arifudin, Fenny Damayanti Rusmana, Rahman Tanjung, & Udin Wahrudin. (2020). Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 408–417. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i3.4469
Pinem, D., & Mardiatmi, B. D. (2021). Analisis Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Pendapatan terhadap Perilaku Pelaku UMKM Di Depok Jawa Barat. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(1), 104. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i1.1650
Prasanti, E., Andriani, I. N., & Hayati, K. R. (2022). Pembinaan Digital Marketing Produk UMKM Teh Celup Daun Tin Melalui Aplikasi Shopee. KARYA UNGGUL : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 277–283.
Putri, R. A., & Sembiring, S. B. (2021). Pelatihan Desain Flyer Dan Kartu Nama dengan Metode Participatory Action Research (PAR). Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat (J-IbM), 1(1), 1–7. https://doi.org/10.55537/jibm.v1i1.1
Qomar, Moh. N., Karsono, L. D. P., Aniqoh, F. Z., Aini, C. N., & Anjani, Y. (2022). PENINGKATAN KUALITAS UMKM BERBASIS DIGITAL DENGAN METODE PARTICIPATORY ACTION RESEARCH (PAR). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 74–81. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3494
Rahman, A. S., Sembodo, C., Kurnianingsih, R., Razak, F., & Al Amin, M. N. K. (2021). Participatory Action Research Dalam Pengembangan Kewirausahaan Digital Di Pesantren Perkotaan. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(1), 85–98. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v11i1.766
Sianturi, R. D. (2020). Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 45–50. https://doi.org/10.47065/jbe.v1i1.118
Sudrartono, T., Nugroho, H., Irwanto, I., Agustini, I. G. A. A., Yudawisastra, H. G., Maknunah, L. U., Amaria, H., Witi, F. L.,
Nuryanti, N., & Sudirman, A. (2022). KEWIRAUSAHAAN UMKM DI ERA DIGITAL. In D. E. Putri & E. P. Sari (Eds.), CV WIDINA MEDIA UTAMA. CV WIDINA MEDIA UTAMA.
Tyoso, J. S. P., & Haryanti, C. S. (2020). Perlukah Mempertahankan Keunggulan Kompetitif oleh UMKM? (Studi Kasus UMKM Semarang). Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 123. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.496
Yamani, A. Z., Muhammad, A. W., & Faiz, M. N. (2019). Penguatan Ekonomi Lokal Pada Pelaku UMKM Berbasis Digital Di Desa Winduaji Kabupaten Brebes. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 1(1), 24–28. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.29
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright
Author retain the copyright of their original work publisher in Duta Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Licenses
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.