Analisa Tantangan Usaha dan Peran Ekonomi Kreatif Pada Pelaku Usaha Mikro Dan Kecil dibawah Binaan Karang Taruna Kharisma Manggala

Authors

  • Mediany Kris Ekaputri Universitas Telkom
  • Muhammad Azhari

DOI:

https://doi.org/10.47701/abdimas.v3i2.3783

Keywords:

Karang Taruna, UMK, Ekonomi, Kreatif

Abstract

UMKM menjadi salah satu sendi perekonomian di Indonesia, utamanya di kota Besar. Bandung sebagai ibukota provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan industri kreatifnya menjadikan UMKM sebagai salah sektor unggulan ekonomi. Strategi UMKM yang konvensional mensyaratkan lokasi yang strategis, harga yang kompetitif dan kualitas yang bagus menjadi tolok ukur keberlangsungan usaha bagi UMKM. Masyarakat sasar pada program pengabdian masyarakat kali ini adalah penggiat UMKM yang menjadi binaan Karang Taruna Kharisma Manggala Kelurahan Kebon Jeruk kini mengalami kesulitan dalam menghadapi persaingan yang datang dari penggiat UMKM yang berasal dari luar kota Bandung. Banyaknya penggiat UMKM dari luar kota Bandung ini mengakibatkan kompetisi semakin masif, harga sewa lahan strategis semakin mahal dan sifat produk dan atau jasa yang ditawarkan bersifat homogen. Ekonomi Kreatif menjadi salah satu solusi yang dapat ditawarkan kepada para penggiat UMKM dibawah binaan Karang Taruna Kharisma Manggala ini. Bisnis berbasis Ekonomi Kreatif merupakan bisnis yang bukan berbasis pada produk atau situasi dan kondisi, melainkan berbasis pada bagaimana individu pelaku usaha, mampu mengerahkan segala tingkat kreativitasnya agar produk yang dimilikinya dapat terjual. Selain kreatifitas juga bagaimana pelaku usaha mampu menggunakan segala media berbasis teknologi yang ada untuk menjadi sistem pendukung usahanya. Kegiatan ini berisi dengan pemaparan materi singkat, diskusi masalah usaha yang disertai dengan beberapa penyelesaian masalah yang mungkin bisa dilakukan. Diharapkan, kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik (2022). Bandung Dalam Angka Tahun 2022 angka pertumbuhan UMKM di Kota Bandung. Tersedia melalui: https://bandungkota.bps.go.id/publicatio n/2022/02/25/60310fb12862b40d688a35 78/kota-bandung-dalam-angka- 2022.html.

Sartika, Sri Hardianti (2022). Ekonomi Kreatif. Yayasan Kita Menulis

Soepanah., Bari, Syamsul., dan Ghozali, Mohammad. Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal. Scopindo Media Pustaka, 2021.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Kris Ekaputri, M. ., & Azhari, M. . (2024). Analisa Tantangan Usaha dan Peran Ekonomi Kreatif Pada Pelaku Usaha Mikro Dan Kecil dibawah Binaan Karang Taruna Kharisma Manggala. Duta Abdimas, 3(2), 64–66. https://doi.org/10.47701/abdimas.v3i2.3783