Editing Foto Promosi Produk Menggunakan Smartphone bagi Pelaku Usaha UMKM Kota Semarang

Authors

  • Eka Ardhianto Universitas Stikubank
  • Widiyanto Tri Handoko Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia
  • Endang Lestariningsih Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia
  • Hari Murti Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia
  • Rara Sriartati Redjeki Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia
  • Theresia Dwiati Wismarini Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia
  • Edy Supriyanto Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia
  • R. Soelistijadi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia
  • Eko Nur Wahyudi Manajemen Informatika, Fakultas Vokasi, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia
  • Fitika Andraini Ilmu Hukum, Fakultas Hukum dan Bahasa, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47701/abdimas.v2i2.2774

Keywords:

foto produk, snapseed, promosi

Abstract

Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki posisi strategis dalam pergerakan perekonomian masyarakat. Selama pandemi covid-19, para pelaku usaha terkeda dampak dalam penurusan omset penjualan. Salah satu upaya bertahan bagi para pelaku usaha ialah dengan melakukan promosi secara online melalui media sosial. Oleh karena itu foto produk memegang peran utama dalam bentuk komunikasi visual kepada calon konsumen. Permasalahan yang dihadapi olah para pelaku usaha adalah bentuk konten foto yang disuguhkan melalui media sosial dinilai belum sesuai kriteria pantas sebagai foto produk dimedia sosial. Dengan memberikan pelatihan dalam bentuk demonstrasi dan praktik, para pelaku usaha mampu membuat foto produk yang informatif dan layak untuk digunakan sebagai media promosi pada media sosial. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah penyampaian materi, diskusi dan praktik, evalusi. Hasil yang diperoleh ialah perbaikan kualitas foto produk pada media promosi, serta kecukupan dan kepuasan pelaku usaha dengan solusi penggunaan foto produk sebagai media komunikasi promosi kepada calon konsumen melalui media sosial. Dengan demikian foto produk yang sesuai dengan kriteria akan mempengaruhi daya tarik calon konsumen sehingga akan berdampak pada meningkatnya omset pada pelaku usaha UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, A. (2022). Aktif dan Kreatif Dalam Pemanfaatan Gadget Sebagai Sarana Pemasaran Dunia Virtual, Jurnal Ilmu Manajemen Retail (JIMAT) Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 3(2), 19-24.

Ferina Nurlaily, O., Asmoro, S., & Aini, K. (2021). PELATIHAN TEKNIK FOTO PRODUK MENGGUNAKAN SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN VISUAL BRANDING USAHA RINTISAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3). https://www.liputan6.com/,

Hapsari, I., P, Hetami, F., Luthfia, K., H., Hapsari, C., T., Setyarini, S., Maysarah, F., S., Pramukti, D., C., & Putri, B., P.. (2021). Pemberdayaan Remaja Panti Asuhan Yatim Purti Siti Khadijah Melalui Pelatihan Konten Dakwah Berbahasa Inggris dengan Menggunakan Aplikasi Snapseed dan Canva. Prosiding Seminar nasional UNIMUS, 4, 2313 – 2325.

Hasibuan, A. Z. & Asih, M. S. (2022). Pelatihan Pengenalan Aplikasi Editing Video Sebagai Sarana Dakwah Youtube bagi Pemuda/I Perumahan Pondok 6. Japamas, 1(2), 55-66,

Irsyad, M. T., Wirawan, I. K. A. & Pramana, I. M. B. (2022). MENINGKATKAN KUALITAS KONTEN FOTOGRAFI PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BUNGA BALI CRAFT, Retina J. Fot., 2(2),153–162.

Nugraheny, D., Pujiastuti, A., Sudaryanto, S., Wintolo, H., Agustian, H., Aryanto, S., Indrianingsih, Y., & Honggowibowo, A. S. (2022). Pendampingan dan pelatihan cara pengambilan foto produk UMKM untuk pemasaran di media sosial. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i1.1017

Permata Hapsari, I., Hetami, F., Hanum Luthfia, K., Tri Hapsari, C., Safira Maysarah, F., Cikal Pramukti, D., & Priyanto Putri, B. (2021). Pemberdayaan Remaja Panti Asuhan Yatim Putri Siti Khadijah Melalui Pelatihan Konten Dakwah Berbahasa Inggris dengan Menggunakan Aplikasi Snapseed dan Canva. Seminar Nasional Publikasi Hasil Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UNIMUS, 2313–2325.

Salamudin, Meilantika, D., Hartati, S., Saputro, H., Riski, R., Tania, B., A Latif, Aji Satrio, B., & Maulana. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Dalam Promosi Potensi Pariwisata Pinggir Sungai Ogan Di Desa Ujan Mas Kab. Ogan Komering Ulu. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 261–266. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3971

Sidhartani, S., Pratama, D., Raden, A. Z. M., & Qeis, M. I. (2020). Pelatihan Foto Produk UMKM Wayang Golek Sebagai Upaya Promosi Pasca Pandemi Covid-19. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 180–189. https://doi.org/10.33369/dr.v18i2.13522

Widiandaru, T., Hendrati, I., M., & Utami, A., F. (2022). Pendampingan Pembuatan dan pengembangan Branding Pckaging untuk Bank Sampah Rukmi kelurahan Gunung Anayar Tambak. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 1593-1597. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.592

Yudhistira, N. (2022). PELATIHAN FOTO PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN DIGITAL TOKO DELAPAN BAKERY. Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, 322–327.

Downloads

Published

2023-07-29

How to Cite

Ardhianto, E., Tri Handoko, W. ., Lestariningsih, E. ., Murti, H. ., Sriartati Redjeki, R. ., Dwiati Wismarini, T., Supriyanto, E. ., Soelistijadi, R. ., Nur Wahyudi, E. ., & Andraini, F. . (2023). Editing Foto Promosi Produk Menggunakan Smartphone bagi Pelaku Usaha UMKM Kota Semarang. Duta Abdimas, 2(2), 22–28. https://doi.org/10.47701/abdimas.v2i2.2774