TINJAUAN ASPEK KEAMANAN DOKUMEN REKAM MEDIS DI RUANG FILING RSIA TIARA FATRIN PALEMBANG TAHUN 2021

Authors

  • Puput Melati Prodi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/sikenas.vi.1758

Keywords:

keamanan, rekam medis, ruang penyimpanan atau pengarsipan

Abstract

Keamanan suatu factor yang sangat penting dalam pengelolaan dokumen rekam medis. Ruang penyimpanan rekam medis dapat dikatakan baik apabila ruangan tersebut menjamin keamanan sehingga terhindar dari ancaman kehilangan, kelalaian, bencana, dan segala sesuatu yang sangat dapat membahayakan rekam medis. Salah satu penelitian yang digunakan yaitu deskritif kualitatif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan dari segi keamanan ruang rekam medis di RSIA Tiara Fatrin Palembang belum terjaga keamanan karena ruangan tidak terkunci, Selain itu juga tidak adanya APAR di dalam ruang filing .Untuk kebersihan ruangan dilakukan dengan cara di sapu dan dipel sedangkan berkasnya tidak dilakukan pembersihan.Untuk aspek kerahasiaanya masih sering perawat atau tenaga medis selain petugas rekam medis yang masuk ke ruang filing untuk mengembalikan atau menanyakan berkas rekam medis pasien.

References

Cossa P, dan Maryani S. 2013. Tinjauan Aspek Keamanan Dokumen Rekam Medis di Ruang Filing Puskesmas Lebdosari Semarang. Jurnal Visikes Volume 12 No. 2 September 2013.

Fillamenta, N. 2020. Metode Penelitian Kesehatan. Palembang: Sapu Lidi. Keputusan Menteri Kesehatan RI.2002. Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri. Jakarta: Menteri Kesehatan

Permenkes RI No.75. 2014. Pusat Kesehatan Mayarakat. Menteri Kesehatan RI. Jakarta: Menteri Kesehatan Menteri Kesehatan RI. 2008. Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 269/MENKES/PER/III/2008 Tentang Rekam Medis. Jakarta: Menteri Kesehatan.

Wijiastuti, (2014) Tinjauan Pelaksanaan Pemeliharaan Dokumen Rekam Medis di Ruang Filing Rawat Inap RSUD sunan kalijaga.Demak Diakses Juli 2018

Downloads

Published

2022-06-18

Issue

Section

Articles