ANALISIS DESAIN FORMULIR REKAM MEDIS POLIKLINIK UMUM BERDASARKAN ASPEK ANATOMI DAN ASPEK ISI DI UPT PUSKESMAS PONDOK PUCUNG TANGERANG SELATAN

Authors

  • Larasati Ponianti Prodi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Nining Supriani UPT Puskesmas Pondok Pucung Tangerang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.47701/sikenas.vi.1726

Keywords:

desain formulir, aspek anatomi dan aspek isi, rekam medis

Abstract

Desain formulir merupakan kegiatan untuk merancang formulir rekam medis yang disesuaikan dengan kebutuhan petugas kesehatan yang akan mengisi formulir tersebut. Kelengkapan aspek anatomi, dan isi formulir sangat berpengaruh dalam kelengkapan data rekam medis sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini dilatarbelakangi pada aspek anatomi yang tidak ada introduction, instruction dan  pada aspek isi, pengisian formulir tidak diisi lengkap oleh petugas yang memberi layanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komponen desain formulir rekam medis yang ditinjau dari aspek anatomi dan aspek isi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode deskriptif yaitu dengan menjabarkan hasil penelitian. Populasi yang digunakan dengan subjek yaitu mewawancarai  petugas pengisi formulir rekam medis dan sampel yang digunakan adalah objek yaitu formulir rekam medis.

 

References

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2008. Permenkes RI Nomor: 269/MENKES/PER/III/2008.Jakarta:Menteri Kesehatan.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2019. Permenkes RI nomor 43 tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Edna K. huffman. (1994). Health Information Management, Edisi 10. Berwyn Illinois : Psycians Record Company.

Downloads

Published

2022-06-18

Issue

Section

Articles