KETEPATAN KODE EXTERNAL CAUSE KASUS KECELAKAAN LALU LINTAS DI RSO PROF.Dr.R. SOEHARSO SURAKARTA

Authors

  • Cantika Putri Yulia Puspita Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Rika Andriani Prodi D3 RMIK, FKMIK, Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Prita Devy Igiany Prodi D3 RMIK, FKMIK, Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.47701/sikenas.vi.1653

Keywords:

ketepatan, pengodean, kode external cause, faktor penyebab

Abstract

Ketepatan kode external cause berpengaruh pada mutu dokumen rekam medis. Kode external cause terutama penggunaan kode karakter kelima atau kode aktivitas saat kecelakaan berpengaruh pada saat penggantian biaya oleh pihak asuransi. Studi pendahuluan terhadap 20 lembar external cause (EC) ditemukan 14 lembar EC tidak terdapat kode external cause dengan persentase 70%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase ketepatan dan faktor penyebab ketidaktepatan kode external cause kasus kecelakaan lalu lintas di RS Ortopedi Prof.Dr.R. Soeharso Surakarta. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Sampel sejumlah 229 lembar EC pada dokumen rekam medis rawat inap. Tingkat ketepatan kode external cause kasus kecelakaaan lalu lintas di RS OrtopediProf.Dr.R. Soeharso Surakarta sebagian besar tidak tepat dengan persentase 61% dan 39% kode tepat. Hal ini disebabkan oleh kurang lengkap pengisian kronologi kejadian pada lembar EC dan belum ada SOP khusus terkait pengodean external cause kasus kecelakaan lalu lintas. SOP khusus terkait pengodean external cause dan kerjasama dokter, perawat, dan petugas coding diperlukan untuk meningkatkan ketepatan hasil kode external cause.

References

Ilmi, L.R., R, Y.L.L., & Praptana. (2020). Tinjauan Kelengkapan Kode Kasus Kecelakaan Dan External Cause di RST.TK.II dr. Soedjono TK II Magelang Jawa Tengah. Prosiding Diskusi Ilmiah.

Iman, A.T. Ismail, M.Y. Setiadi, Dedi. (2021). Tinjauan Akurasi Kode Diagnosa dan Kode Penyebab Luar Pada Kasus Cedera Kepala Yang Disebabkan Kecelakaan Lalu Lintas di Rumah Sakit Umum Pusat. Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan.Vol 4, No 1.

Maulidiah, E.N. (2020). Studi Systematic Literature Review Ketepatan Kode Cedera dan External Cause Dengan Pihak Pembayar. Jurnal Repository Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri.

Pratiwi, K.A., & Ernawati, D. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kelengkapan Kode External Cause Pada Dokumen Rekam Medis Rawat Inap di RSUD Kabupaten Brebes Tahun 2016. Skripsi, Fasultas Kesehatan.

Setiyani, E.S., & Rustiyanto, E. (2019). Faktor Penyebab Ketepatan Kode External Cause Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di RSUD Prambanan Tahun 2019. Thesis.

Setiyoargo, A., Ariyanti, R., & Maxelly, R.O. (2021). Hubungan Kelengkapan Anamnesa Formulir Gawat Darurat Dengan Ketepatan Kode ICD -10 Sebab Eksternal Kasus Kecelakaan Di Rumah Sakit Panti Nirmala Malang. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia. Vol. 9. No. 2.

Sogen, C.A. (2021). Literature Review: Faktor Yang Mempengaruhi Ketidaktepatan Kode Diagnosa Yang Berkaitan Dengan External Cause. Karya Tulis Ilmiah.

WHO. (2010). International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problem Tenth Revision Volume I. Geneva: WHO

Wulandari & Wahyuni. (2015). Analisis Ketepatan Kode External Cause Kasus Kecelakaan Lalu Lintas (KLL) Berdasarkan ICD-10 di RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya Tahun 2014. 2 (6), 36-45.

Downloads

Published

2022-06-18

Issue

Section

Articles