Perencanaan Strategis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan Framework Ward dan Peppard

Abstract

Kebutuhan sebuah organisasi atau perusahaan terhadap sistem informasi terus berkembang, agar dapat terus bersaing dan bertahan. Sebuah organisasi atau perusahaan dituntut untuk mempunyai kinerja yang lebih baik, dan semestinya mempunyai sistem yang harus mampu untuk menampilkan informasi secara cepat dan tepat, sehingga pihak pihak yang menjalankan organisasi atau perusahaan hal ini top level management atau para eksekutif mampu untuk memberikan kinerja yang terbaik

Perguruan Al-Islam Surakarta merupakan salah satu organisasi yang bergerak di bidang pendidikan yang sudah menerapkan sistem informasi dalam pengelolaan organisasinya. Ketiadaan perencanaan sistem informasi eksekutif dan teknologi informasi yang jelas dan terukur, mengakibatkan pihak manajemen perguruan Al-Islam Surakarta kesulitan dalam menentukan skala prioritas pengembangan sistem informasi eksekutif yang berbasis teknologi. Maka dari itu diperlukan sebuah perencanaan strategis sistem informasi eksekutif. Pembuatan rencana strategis sistem informasi eksekutif ini menggunakan framework Ward dan Peppard. Proses pembuatan perencanaan strategis sistem informasi eksekutif di Perguruan Al-Islam Surakarta menggunakan pendekatan kualitatif dengan kerangka kerja Ward dan Peppard, meliputi tahapan pengumpulan data, tahapan proses analisis dan tahapan keluaran.

Analisis lingkungan internal organisasi menggunakan Value chain, analisis lingkungan eksternal organisasi menggunakan Five forces models, dan PEST kemudian hasil analisis lingkungan internal dan eksternal di analisis SWOT danMc.Farlan Strategic Grid. Berdasarkan analisis-analisis yang dilakukan di atas, maka didapatkan beberapa strategi dalam bidang sistem informasi untuk para eksekutif, strategi tersebut meliputi strategi sistem informasi, strategi teknologi informasi dan strategi manajemen sistem informasi kemudian dirancang sebuah arsitektur data, arsitektur aplikasi dan arsitektur teknologi. Berdasarkan analisis dan arsitektur yang telah dibuat akan menghasilkan strategi sistem informasi eksekutif dan portofolio rekomendasi sistem informasi eksekutif. Rekomendasi sistem informasi eksekutif ditujukan untuk para eksekutif di Perguruan Al-Islam Surakarta. Hasil penelitian ini berupa perencanaan strategis sistem informasi eksekutif dengan membuat roadmap implementasi sistem informasi eksekutif, roadmap implementasi tersebut dalam jangka waktu lima tahun dan pemetaan tersebut berdasarkan pada hasil kuesioner prioritas sistem informasi eksekutif dan Mc.Farlan Strategic Grid.

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.