Aplikasi Jimpitan Berbasis Mobile pada Perumahan Tantular Songgolangit

Authors

  • Agustina Srirahayu Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Fajar Suryani Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/dutacom.v16i1.2559

Keywords:

aplikasi, jimpitan, mobile

Abstract

Salah satu norma yang wajib dilaksanakan oleh warga tantular adalah ronda malam. Kewajiban ronda malam warga tantular adalah membayar jimpitan setiap hari. Uang jimpitan tersebut dikumpulkan oleh warga yang terjadwal ronda, nantinya uang tersebut sebagai modal dalam pembangunan sosial secara mandiri. Jadi kegiatan ronda malam mendapatkan aktivitas wajib dan terkontrol kinerjanya dengan mengumpulkan dana jimpitan. Aplikasi berbasis mobile ini dirancang sangat sederhana, pengguna hanya perlu mencatat dan meng-entry besaran dana penerimaan jimpitan. Laporan penerimaan iuran jimpitan ini berupa file Excel yang dapat di filter berdasarkan periode waktu. Aplikasi berbasis mobile ini dibangun menggunakan databases MySQL dan Bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan framework bootstrap. Basis aplikasi ini adalah mobile view dengan hak akses pengguna ada dua yaitu warga dan admin. Metode penelitian diringkas dalam bagan fishbone dengan hasil implementasi aplikasi jimpitan tantular untuk warga RT 4 RW 5 Desa Gentan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah. Pengujain sistem juga dilakukan dengan metode blackbox testing dengan hasil pengujian berhasil dan pengujian usabilitas dengan hasil aplikasi mudah dipahami dengan tingat 70,9%

References

, R. 4. (2020). Surat Edaran RT Nomor 006/RT4/IV/2020 tentang kewajiban rumah tangga untuk membayar jimpitan setiap hari. Sukoharjo: dokumen RT.

Andhika, M. A., & Fahrozi, W. (2023). Aplikasi Marketplace Di Kota Medan Berbasis Mobile. U-NET Jurnal Teknik Informatika, 7(1), 25-32. Retrieved from https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/u-net/article/view/578/387

Elis, & Voutama, A. (2022). PEMANFAATAN UML (UNIFIED MODELING LANGUAGE) DALAM PERENCANAAN SISTEM

PENYEWAAN BAJU ADAT BERBASIS WEBSITE. INFORMATIKA Jurnal Informatika, Manajemen dan Komputer, 14(2), 26-35. Retrieved from http://ejournal.stmikdumai.ac.id/index.php/path/article/view/445/195

Fathoni, M. Y., Waliulu, R. F., Susanto, A., & Nishom, M. (2022). Perancangan Aplikasi Penjualan Berbasis Client Server Pada Kedai WKWK Kota Purwokerto Menggunakan Metode Prototype. Jurnsl Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 7(1), 49-54.

Harsono, W. (2014). Jimpitan, Modal Sosial yang Menjadi Solusi Permasalahan Masyarakat. Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik, 18(2), 131-145. doi:https://doi.org/10.22146/jkap.7518

Nursin, D., Syamsuddin, & Nurwana. (2023). Pengaruh Kualitas SDM, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Sistem Pengendalian Intern terhadap Pengelolaan Keuangan Dana Desa dengan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Moderasi. Owner Riset dan Jurnal Akuntansi, 7(1), 77-101. doi:10.33395/owner.v7i1.1359

Parlika, R., Nissa, T. A., Ningrum, S. M., & Haque, B. A. (2022). Studi Literatur Kekurangan dan Kelebihan Pengujian Black Box. Teknomatika, 10(2), 131-140. Retrieved from http://ojs.palcomtech.com/index.php/teknomatika/article/view/490

Rahmawati, N., & Hakim, M. H. (2022). Analisis Bahaya dan Upaya Pencegahan Keadaan Nearmiss Pesawat Angkat-Angkut Hoist pada Area. Journal of Maneuvacturing in Industrial enggineering and Technology (MIND-TECH), 1(2), 10-19.

Srirahayu, A., & Mustafa, M. i. (2017). Evaluasi usability Pada Aplikasi Gojek Dengan Pendekatan Heuristic. Jurnal Bisnet, 1(2), 46-54.

Suryani, f., Srirahayu, A., & Triyono. (2020). Dermatology encyclopedia Mobile Application as Efforts for Early Detection of Skin Desiase. Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence, 4(2), 67-77.

Downloads

Published

2023-03-06

Issue

Section

Articles