Analisis Metode Marketing Mix 7P Sebagai Strategi Pemasaran Produk Daur Ulang

  • Tri Wisudawati, Sigit Rahmat Rizalmi

Abstract

Konsep marketing mix 7P dapat diterapkan untuk memasarkan produk daur ulang
dikalangan anak muda. Konsep marketing mix 7P meliputi product, price, place, promotion,
people, process, physical evidence. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
dengan memberikan kuesioner kepada anak muda dan pemilik usaha daur ulang dalam skala
likert dan menggunakan teknik insidental sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu anak muda. Sampel yang diambil adalah kaum milenial dengan menggunakan rumus
Slovin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi pemasaran produk daur
ulang dengan konsep marketing mix 7P dapat membuat penjualan produk daur ulang menjadi
lebih dikenal kaum muda dan memberikan income/profit terhadap pemilik usaha produk daur
ulang. Hasil dari penelitian ini yaitu analisis mengenai konsep marketing mix dalam produk daur
ulang. Didapatkan untuk aspek product didapatkan hasil 3,4, aspek price didapatkan hasil 3,3,
aspek place didapatkan hasil 2,97, aspek promotion didapatkan hasil 2,51 aspek people
didapatkan hasil 3,32, aspek process didapatkan hasil 2,62 ,dan aspek physical evidence
didapatkan hasil 2,63 Sehingga aspek produk dan aspek harga perlu untuk ditingkatkan dan
diperbaiki instrumennya supaya penjualan berjalan lebih baik dikarenakan masuk dalam
kategori kurang baik.

Published
2020-08-14