Analisis Struktur Pasar Kedelai Di Kabupaten Grobogan

  • Yuli Fidayani Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Tri Wisudawati Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Duta Bangsa Surakarta
Keywords: kedelai, konsentrasi ratio, oligopsoni, monopsony, Struktur pasar

Abstract

Struktur pasar dapat mempengaruhi kemampuan produsen atau pedagang dalam pembentukan harga. Semua pelaku pasar bertindak sebagai price taker, dimana produsen/pedagang tidak mempunyai kekuatan untuk membentuk/mempengaruhi harga pada pasar persaingan sempurna, namun kemampuan untuk mempengaruhi harga tersebut muncul ketika struktur pasarnya tidak sempurna. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui struktur pasar (market structure) kedelai, (2) memetakan dan menganalisis konsentrasi ratio pasar kedelai di Kabupaten Grobogan. Penelitian dilakukan dengan metode proporsive sampel untuk penentuan Kecamatan yang didasarkan pada jumlah produksi tahun berjalan di atas rata-rata produksi Kabupaten dan terpilih 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Toroh, Karangrayung, Purwodadi dan Pulokulon. Pengambilan sampel pedagang pada pemasaran kedelai dengan metode snow-ball sampling karena tidak adanya frame sampling yang tersedia di lapangan. Metode analisis digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Struktur pasar kedelai secara kualitatif mendekati oligopoli dan monopsoni. Struktur pasar kedelai secara kuantitatif ditunjukkan oleh nilai besarnya konsentrasi ratio. Berdasarkan perhitungan diperoleh hasil struktur pasar di tingkat pedagang Desa dan Kecamatan bersifat oligopsoni konsentrasi tinggi yang menunjukkan bahwa pedagang memiliki tingkat kekuasaan yang tinggi dalam mempengaruhi pasar. Struktur pasar di tingkat pedagang besar adalah monopsoni yang menunjukkan adanya kekuasaan yang tinggi dalam mempengaruhi pasar.

Published
2020-08-04