METODE PROTOTYPE UNTUK MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN SISWA DI SMK KESEHATAN DAARUL HIDAYAH SUKOHARJO

  • Moh. Muhtarom
  • Agus Suyatno
Keywords: DFD, Prototype, Microsoft Visual FoxPro

Abstract

SMK Kesehatan Daarul Hidayah di Sukoharjo, merupakan sekolah menengah kejuruan kesehatan yang lulusannya dipersiapkan siap kerja di bidang kesehatan ke masyarakat. Pengolahan data siswa maupun prestasi yang dimilikinya masih menggunakan bantuan Ms.Excel, pelaporan dibuat dengan cara menyalin data dan pemasukkan datanya ke program Ms.Excel. Sistem informasi penilaian di SMK Kesehatan Daarul Hidayah Sukoharjo ini dirancang bangun, dengan tujuan mengurangi dan mempercepat penyampaian laporan kepada kepala sekolah dan orang tua siswa.
Perancangan sistem informasi ini memnggunakan flowchart dan Data Flow Diagram (DFD) dan sistem pengembangannya menggunakan metode prototype dan metode analisis sistemnya menggunakan PIECES. Sistem informasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrogramman Microsoft Visual FoxPro.
Hasil perancangan aplikasi sistem informasi peniliaan ini menunjukkan peran admin atau bagian kurikulum dapat melakukan pengawasan terhadap siswa dan prestasinya di sekolah, melalui sistem, serta kepala sekolah dapat memantau dan melihat laporan raport siswa masing-masing.

Published
2020-09-26