PELAKSANAAN MONITORING DAN EVALUASI (MONEV) TERHADAP KINERJA GURU DI SMAN 16 GOWA

  • Ayu Lestari Perdana
Keywords: monitoring, evaluasi, penilaian kinerja, guru, kepala sekolah

Abstract

Monitoring dan evaluasi merupakan proses pemantauan dan penilaian kemajuan serta keberhasilan suatu kegiatan pendidikan terutama dalam peningkatan kinerja guru yang dapat menunjang berjalannya proses pendidikan yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui teknik pelaksanaan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja guru SMAN 16 Gowa dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja guru di SMAN 16 Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Wa bidang kurikulum serta empat orang guru pembelajaran. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja guru berjalan secara efektif dan efisien menggunakan berbagai teknik pelaksanaan dan membandingkan hasilnya, melakukan evaluasi terhadap program untuk mengetahui sejauh mana program telah berjalan dan mengurangi dampak kerugian dari pelaksanaannya serta meningkatkan kinerja guru.
Kendala-kendala yang dihadapi pada saat proses pelaksanaan jadwal kepala sekolah untuk melakukan monitoring dan evaluasi tidak ada jadwal yang teralokasi untuk pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta tidak adanya anggaran diplot oleh pemerintah untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi.

Published
2020-09-26