STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA INSTAGRAM (STUDI KASUS NAVIA_KEBAB) MARKETING COMMUNICATION STRATEGY THROUGH INSTAGRAM MEDIA (CASE STUDY NAVIA_KEBAB)

  • Agus Suyatno
  • Moh Muhtarom
Keywords: Usaha Kuliner, Strategi Komunikasi Pemasaran, SOSTAC, Instagram

Abstract

Usaha kuliner saat ini di kota Surakarta berkembang sangat pesat, terutama pada sektor usaha makanan, Navia_Kebab merupakan salah satu bentuk usaha yang masuk dalam industri kuliner yang menyediakan produk jadi berupa kebab dan roti maryam, banyaknya persaingan di antara usaha ini diperlukan suatu strategi komunikasi pemasaran untuk promosi, bentuk strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan ini tidak hanyak dalam bentuk offline saja tetapi dengan online, strategi komunikasi pemasaran secara digital bisa menggunakan analisis SOSTAC (Situation, Objective, Strategy, Tactics, Action dan Controlling), penggunaan media sosial seperti instagram sebagai media promosi sekarang sudah digunakan oleh industri kuliner. Penelitian ini bertujuan melihat strategi komunikasi pemasaran dengan pemanfaatan media sosial instagram oleh Navia_Kebab dalam menyampaikan pesan-pesan promosi agar bisa tersampaikan kepada khalayak. Penelitian ini menggunakan metodologi pendekatan kualitatif deskriptif serta menggunakan paradigma konstruktivisme. Data penelitian ini didapatkan dari 2 informan utama dari Navia_Kebab dan 1 informan pendukung dari ahli bidang komunikasi serta sebagai dosen, studi pustaka, dokumentasi audio dan visual. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Navia_Kebab menggunakan beberapa strategi komunikasi mulai dari penerapan SOSTAC (Situation, Objective, Strategy, Tactics, Action dan Controlling), lalu strategi komunikasi seperti promosi dengan pemanfaatan media sosial instagram untuk menyampaikan produk-produk mereka dalam bentuk visual dan pesan.

Published
2020-09-26