Pengaplikasian Pancasila dalam Mental Health Mahasiswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Karisma Bayu

Abstract

Abstrak


Kesehatan mental atau mental health merupakan hal penting dalam kehidupan  manusia, salah satunya seorang mahasiswa. Memiliki kesehatan mental yang baik akan membuat seseorang terhindar dari penyakit mental dan memiliki keadaan mental yang stabil. Mahasiswa berada diantara masa remaja dan awal dewasa yang merupakan suatu periode fisikologis yang tidak stabil dimana diiringi konflik, tuntutan, dan perubahan suasana hati. Jika seseorang yang melalui tahap ini tidak mampu mengendalikan hal-hal tersebut, masalah kesehatan mental dapat menimbulkan banyak dampak lainmya. Oleh karena itu, pentingnya mengkaji tentang pengaplikasian Pendidikan Pancasila dalam kasus Mental Health pada mahasiswa . Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan analisis data menggunakan metode kuantitatif dan metode pendekatan sastra. Dari analisis terdapat sila-sila dalam Pancasila yang memiliki keterkaitan dengan mental health adalah sila pertama dan kedua.


Abstract


Mental health is an important thing in human life, one of which is a student. Having good mental health will make a person avoid mental illness and have a stable mental state. Students are in between adolescence and early adulthood which is a physicogically unstable period where there are conflicts, demands, and mood swings. If someone going through this stage is unable to control these things, mental health problems can have many other impacts. Therefore, it is important to examine the application of Pancasila Education in cases of mental health in students. The data used in this study are secondary data with data analysis using quantitative methods and literary approach methods. From the analysis, there are precepts in Pancasila that have a relationship with mental health are the first and second precepts.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Bayu, K. (2024). Pengaplikasian Pancasila dalam Mental Health Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 4(1). Retrieved from http://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/3505