Strategi Bisnis Kuliner diera New Normal Menggunakan Media Online

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Levia Madana
Margareta Agnes R
Rizal Rifa'i
Indra Hastuti

Abstract

Selain berdampak serius terhadap kesehatan, pandemi Covid-19 juga melemahkan perekonomian nasional dan internasional. Berbagai sektor industri, termasuk bisnis
kuliner,mengalami gangguan seperti pasokan bahan baku, permintaan produk, kekurangan tenaga kerja, dan ketidak jelasan usaha Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dampak pandemi terhadap bisnis kuliner di kota Padang dan strategi yang dibutuhkan untuk beradaptasi di era new normal ini. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan analisa SWOT untuk mengetahui berbagai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh bisnis kuliner di masa pandemi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dapat dilakukan oleh bisnis kuliner adalah diversifikasi produk dan jasa Bisnis kuliner harus bisa mendapatkan kepercayaan konsumen dengan produk yang aman, sehat dan higienis, menerapkan protokol kesehatan, memaksimalkan pemasaran online, memenuhi permintaan take away dan delivery order,membuat diversifikasi atau inovasi produk berupa makanan sehat dan frozen food dan meningkatkan kualitas produk.Target luaran penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh bisnis kuliner di kota Padang dan menentukan strategi yang cocok diterapkan untuk beradaptasi di masa new normal Dalam jangka panjang, hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam hal pengembangan strategi bisnis untuk menghadapi situasi darurat dan penuh ketidakpastian.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Madana, L., R, M. A., Rifa’i, R., & Hastuti, I. (2023). Strategi Bisnis Kuliner diera New Normal Menggunakan Media Online. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 2(1), 1304. Retrieved from http://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/1525