PENINGKATAN PEMAHAMAN MEDICAL RECORDS VOCABULARY DENGAN METODE SCHOOLYARD INQURY (STUDY KASUS MAHASISWA APIKES CITRA MEDIKA SURAKARTA SEMESTER II TAHUN AKADEMIK 2015/2016)

  • Ratini Setyowati Universitas Duta Bangsa Surakarta
Keywords: Vocabulary, English Teaching, Methodology

Abstract

Penguasaan kosa kata atau Vocabulary dalam pembelajaran bahasa Inggris selalu
menjadi momok bagi mahasiswa akan tetapi mahasiswa selalu mengalami kendala dalam
peningkatan penguasaan vocabulary. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh metode Schoolyard Inquiry dalam peningkatan pemahaman Medical
Records vocabulary pada mahasiswa semester II APIKES Citra Mediak Surakarta tahun
akademik 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi
dengan pola nonequivalent control group design (pretest-posttest yang tidak ekuivalen).
Dilakukan dengan Pretes Kelompok eksperimen dengan metode schoolyard inquiry dan
Postes. Hasil dari penelitian ini adalah Berdasarkan pretes dan postes diperoleh hasil
sebagai berikut, berdasakan hasil uji korelasi didapatkan bahwa p=0,00 dan r= 0,858
karena p< 0,05 maka Ho ditolak, artinya ada hubungan antara penguasaan kosa kata bahasa
Inggris yang berhubungan dengan rekam medis dengan metode pembelajaran bahasa Inggris
yang digunakan.

Published
2020-09-19