Pelatihan Implementasi Pemasaran Digital: Foto Produk, Desain Konten, dan Copywriting

Authors

  • Imanuel Madea Sakti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Dinita Christy Pratiwi Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/abdimas.v2i2.2768

Keywords:

Copywriting, Desain Konten, Foto Produk, Pemasaran Digital

Abstract

Pemasaran digital saat ini menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi sebuah bisnis. Implementasi pemasaran digital berperan penting dalam meningkatkan pemasaran dan penjualan, serta efisiensi biaya. Namun, banyak para pelaku usaha yang masih memiliki keterbatasan dalam membuat konten pemasaran digital. Tiga kemampuan dan pemahaman yang perlu dikuasai oleh para pelaku usaha adalah: foto produk, desain konten, dan naskah iklan (copywriting). Untuk itu, kegiatan pelatihan yang memuat ketiga hal di atas sangat diperlukan oleh para pelaku usaha sehingga implementasi pemasaran digital dapat lebih maksimal. Kegiatan pelatihan ini diberikan kepada peserta dari Komunitas Bermain Benang Salatiga yang memiliki produk usaha yang bervariasi. Kegiatan pelatihan mencakup penyampaian materi, praktik, dan pendampingan saat kegiatan pelatihan berlangsung. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan mudah dipahami dan dipraktekkan serta bermanfaat untuk pengembangan usaha ke depannya. Selain itu, para pelaku usaha membutuhkan pelatihan dan pendampingan terkait terkait pemasaran digital, baik secara langsung (marketplace, manajemen kalendar konten, dan website profil usaha) maupun secara tidak langsung (pembukuan keuangan, penentuan harga, dan kemasan produk).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alinsari, N. (2020). Peningkatan literasi keuangan pada UMKM melalui pelatihan dan pendampingan pembukuan sederhana. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 256–268.

Anisah, G. (2021). Pelatihan digital marketing menggunakan platform marketplace Shopee untuk kelompok pemuda wirausaha di Desa Mulyoagung-Bojonegoro. MAFAZA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–10.

Arfian, A., Yoerani, A., Yana, A. A., Siregar, J., & Syafrianto. (2021). Pelatihan desain produk pemasaran digital pada Pemuda Karang Taruna Desa Cikarageman selama Covid-19. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 31–34.

Damayanti, R., & Rompis, A. I. (2021). Penguatan peran UMKM melalui pendampingan pembuatan laporan keuangan. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 379–390.

Darmastuti, S., Juned, M., Ali, S., & Satrio, J. (2021). Pelatihan pembuatan konten media sosial dalam strategi marketing bagi Karang Taruna Desa Panyirapan, Serang. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM), 3(1), 83–92.

Darmawan, A., Laksamana, P., Saripudin, & Suharyanto. (2022). Pelatihan online content marketing dan desain Bagi pemula dengan menggunakan aplikasi Canva. Jurnal Abdimas Perbanas, 3(1), 32–39.

Dunan, H., Barusman, A. F., Redaputri, A. P., & Poyo, M. D. (2022). Pelatihan foto produk untuk meningkatkan brand image dan minat konsumen UMKM Rumah Bumn Bandar Lampung. Jurnal Abdimas Gorontalo, 5(1), 17–23.

Enjang Suherman, & Rika Uswatun Hasanah. (2020). Analisis pelatihan marketplace bagi pelaku usaha kue di masa pandemik Covid-19 di Desa Jatiragas. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 6(1), 98–110. https://doi.org/10.36805/manajemen.v6i1.1202

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi digital marketing bagi UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) untuk bersaing di era pandemi. COMPETITIVE: Jurnal Ilmiah Direktorat RPIKK ULBI, 16(1), 32–41. https://doi.org/https://doi.org/10.36618/competitive.v16i1.1171

Jasri, Arfan, N., Hasanuddin, & Hasan, H. A. (2022). Penerapan digital marketing dalam upaya peningkatan pendapatan usaha mikro kecil dan menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2), 212–224.

Muslimin, M., Latif, L. A., Tjiroso, B., & Rais, S. (2022). Pelatihan pembuatan kemasan produk-Produk rumahan bagi masyarakat di Desa Toniku. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 91–98. https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i1.964

Negoro, Y. P., & Jufriyanto, M. (2022). Pelatihan desain kemasan produk frozen food dengan Smartmockups dan aplikasi Canva pada UMKM Asosiasi Sidayu. DedikasiMU (Journal of Community Service), 4(2), 150–160.

Praswati, A. N., Mabruroh, Mukharomah, W., Sina, H. K., & Mafiana, D. (2022). Strategi komunikasi pemasaran online produk Batik Sekar Arum. Abdi Psikonomi, 3(4), 216–221.

Priambodo, B., Jumaryadi, Y., & Fajri, M. (2022). Pemanfaatan SEO sebagai media pemasaran produk bagi UMKM di Pamulang Square. Jurnal PASOPATI (Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi Pengembangan Teknologi), 4(2), 109–112.

Rahmat, D., Nuryusuf, P., & Noviana, T. N. (2022). Optimalisasi digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM pasca pandemi Covid-19 di Desa Parungsueah Kabupaten Sukabumi. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 12–23.

Rahmawati, K. (2021). Pelatihan penjualan online menggunakan marketplace pada UKM di Bantul. DHARMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 79–85.

Rifai, Z., & Oktaviana, L. D. (2018). Pelatihan aplikasi teknis online marketplace pada Sentra UMKM Banyumas “Pratistha Harsa” untuk pemasaran produk secara online. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 593–599.

Sari, W. P., & Irena, L. (2021). Komunikasi visual melalui foto produk untuk meningkatkan nilai jual produk UMKM. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3), 633–642.

Shita, R. T., Hin, L. L., Diana, A., Achadiani, D., & Fatmasari. (2022). Pelatihan optimasi pemasaran online dengan memanfaatkan search engine optimization (SEO) pada komunitas pengusaha muda. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 16–23.

Supriatna, D., Julisar, & Rahayuningsih, D. A. (2022). Penerapan digital marketing melalui teknik copywriting dan SEO bagi UMKM. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1), 83–94.

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. KINERJA: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19(1), 170–182.

Ustyannie, W., Asih, E. W., Mawadati, A., Sulistyaningsih, E., Wibowo, A. H., Sekarjati, K. A.,

Setyowati, D., & Zaitunah, A. (2022). Peningkatan promosi produk melalui sarana fotografi produk dan editing foto produk. Jurnal Dharma Bakti, 5(1), 91–98.

Widyaningsih, P., & Oktaviani, I. (2022). Induksi teknologi informasi untuk penguatan usaha “Hasbuna Catering” pada masa pandemi Covid 2019. Jurnal Duta Abdimas, 1(1), 1–6.

Wijayanti, N. W. E., Putri, N. W. S., Suryana, I. G. P. E., Suryati, K., Kartini, K. S., Wardika, I. W. G., & Krisna, E. D. (2021). Pelatihan bisnis online menggunakan aplikasi Shopee. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 206–215.

Wulandari, W., Dewi, Y. P., & Marini, M. (2022). Pelatihan pemanfaatan Tokopedia sebagai peningkatan pemasaran produk bagi komunitas bisnis online Beautysalihaa. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1279–1284. https://doi.org/10.54082/jamsi.400

Downloads

Published

2023-07-29

How to Cite

Sakti, I. M., & Pratiwi, D. C. (2023). Pelatihan Implementasi Pemasaran Digital: Foto Produk, Desain Konten, dan Copywriting. Duta Abdimas, 2(2), 7–15. https://doi.org/10.47701/abdimas.v2i2.2768